Cara Mengecek Prosesor Yang digunakan Smartphone Xiaomi

Perkembangan prosesor pada smartphone terus mengalami peningkatan. Xiaomi merupakan salah satu smartphone yang memiliki banyak pengguna di Indonesia. Hal itu tidak terlepas dari harganya yang miring namun memberikan spesifikasi setinggi mungkin.

Akan tetapi bagaimana kita bisa mengetahui prosesor yang digunakan pada smartphone Xiaomi? Jika Anda memiliki dus smartphone, maka hal itu bisa lebih mudah. Namun poin yang menjadi masalah adalah apa prosesor yang digunakan sesuai atau tidak.

Nah, untuk mengetahui jawabannya, berikut ulasan lengkap cara mengecek prosesor yang digunakan pada smartphone Xiaomi.

Cek Prosesor Xiaomi

1. Menggunakan aplikasi CPU Z

Cara pertama yang mudah dilakukan adalah menginstal aplikasi CPU Z. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan bahkan bisa dipakai untuk PC maupun laptop. Apalagi aplikasi ini dapat didownload secara gratis di Play Store.

Kelebihan yang diberikan CPU Z ini adalah dapat memberikan informasi yang cukup lengkap. Anda bisa mengetahui beragam info seperti jenis prosesor, jumlah RAM, kapasitas memori internal, hingga ketersediaan sensor di dalam smartphone.

Cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah. Anda tinggal download aplikasinya di Play Store dan instal seperti biasa. Setelah itu, masuk ke bagian “SOC”. Di sana akan terlihat jenis prosesorb yang digunakan pada smartphone.

2. Menggunakan AIDA64

Aplikasi selanjutnya yang bisa Anda coba adalah AIDA64. Bisa dikatakan AIDA64 ini memiliki kemiripan dengan apliksai CPU Z yang sudha dibahas sebelumnya. hanay saja AIDA64 ini memiliki kelengkapan yang lebih banyak.

Keunggulan dari AIDA64 adalah dapat menampilkan spesifikasi layar yang digunakan pada smartphone. Contohnya seperti resolusi hingga ukuran yang dipakai pada smartphone Xiaomi. Tidak hanya itu saja, AIDA64 juga menyediakan info tentang jenis prosesor hingga GPU yang dipakai.

Untuk cara kerjanya, Anda tinggal unduh dan instal aplikasi AIDA64 pada Play Store. Selanjutnya Anda masuk ke aplikasinya dan pilih System. Di sana Anda akan melihat rincian smartphone Xiaomi hingga prosesor yang dipakai.

3. Menggunakan Antutu Benchmark

Nah, jika Anda sering melihat Youtuber mereview smartphone pasti pernah mendengar “Nilai dari Antutu Benchmark”. Ya, aplikasi ini sangat sering digunakan sebagai patokan performa smartphone.

Memang Antutu Benchmark pada dasarnya adalah sebuah aplikasi untuk mengetahui performa yang digunakan pada sebuah smartphone. Meskipun secara informasi tidak lengkap seperti AIDA64 atau CPU Z, namun Antutu bisa memberikan informasi tentang prosesor yang digunakan smartphone.

Untuk cara kerjanya, silakan download Antutu Benchmark pada Play Store dan instal seperti biasa. Selanjutnya buka aplikasinya dan lihat pada bagian device. Biasanya di sana sudah tertera jenis prosesor yang digunakan pada smartphone.

4. Menggunakan Device Info HW

Alternatif lainnya untuk mengetahui prosesor yang digunakan bisa memakai Device Info HW. Aplikasi ini juga sangat cocok untuk Anda yang ingin melihat performa smartphone Xiaomi.

Dari sisi fitur yang dihadirkan, Device Info HW cukup lengkap. Beberapa fitur yang diunggulkan antara lain cek touchscreen layar, sensor, kamera, hingga info prosesor yang dipakai pada smartphone. Bahkan aplikasi ini juga menyediakan info tentang NFC.

Untuk cara kerjanya, silakan Anda download aplikasinya di Play Store dan lakukan penginstalan. Setelah itu buka aplikasinya dan  ligat di bagian “SOC”. Di sanalah Anda bisa melihat prosesor apa yang tertanam pada smartphone Xiaomi.

5. Melalui Menu Setting

Cara selanjutnya adalah melalui menu setting pada smartphone Xiaomi. Bisa dikatakan cara ini memang bisa digunakan untuk mengetahui spesifikasi smartphone. Memang dari segi kelengkapan tidak sebanyak beberapa aplikasi yang sudah disebutkan sebelumnya.

Namun, untuk mengetahui info standar seperti memori RAM, kapasitas baterai, memori internal, hingga jenis prosesor yang digunakan, cara ini bisa Anda ikuti. Apalagi kita tidak perlu menginstal aplikasi apapun.

Caranya terbilang mudah, Anda tinggal masuk ke Setting, lalu pilih menu My Device. Selanjutnya Anda pilih All Specs. Di sana Anda dapat melihat informasi tentang spesifikasi perangkat smartphone Xiaomi.

6. Menggunakan IMEI

Cara terakhir adalah menggunakan situs IMEI. IMEI sendiri adalah sebuah nomor seri pada smartphone. Cara yang satu ini cukup bagus jika Anda hanya ingin mengetahui prosesor apa yang digunakan pada smartphone.

Sebelum mengikuti cara ini, Anda harus mengetahui dulu berapa nomor IMEI yang digunakan pada smartphone Xiaomi. Setelah Anda mengetahuinya, silakan masuk ke situs http://imei.info/. Saat situsnya sudha terbuka, silakan masukan nomor IMEI-nya dan klik tombol Check.

Kemudian, Anda bisa melihat beragam info yang cukup lengkap. Mulai dari tahun pembuatan, jenis, hingga spesifikasi yang digunakan pada smartphone Xiaomi. Ditambah lagi, dengan pengujian melalui IMEI kita dapat mengetahui apakah smartphone kita asli atau tidak.

Itulah 6 cara mengecek prosesor yang digunakan smartphone Xiaomi dengan sangat mudah. Semoga artikel ini dapat memberikan banyak manfaat untuk Anda semua.