Inilah Cara Membuka Proyektor Yang Terkunci Dengan Mudah

Proyektor merupakan sebuah alat untuk menayangkan presentasi pada layar yang lebih luas. Umumnya, Anda akan melihat proyektor pada ruang rapat atau kelas perkuliahan. Namun saat ini ada juga beberapa sekolah yang menyediakan proyektor di kelas.

Layaknya barang-barang elektronik secara umum, terkadang selalu muncul masalah ketika menggunakan Proyektor. Salah satunya adalah menu yang terkunci. Jika memiliki remote kontrol, maka hal ini sangat mudah. Namun, bagaimana jika tidak ada? Di sinilah kita cari tahu bagaimana caranya.

Beberapa langkah yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut.

Inilah Cara Membuka Proyektor Yang Terkunci

1. Melakukan Reset

Cara pertama adalah menekan tombol reset pada proyektor. Hampir setiap proyektor zaman sekarang memiliki sistem reset pada alatnya. Tentu hal ini dilakukan untuk memudahkan pengguna jika terjadi sesuatu pada proyektor seperti error, hang, dan sebagainya.

Cara menggunakan reset ini sangat mudah. Kita hanya perlu mencari tombol yang memiliki tulisan reset. Jika sudah menemukannya, Anda tinggal tekan saja agak lama sampai layar proyektor mati. Setelah itu, silakan tunggu hingga proyektor menyala kembali.

Biasanya setelah menyala, maka proyektor akan kembali ke pengaturan awal. Dengan begitu kita bisa menggunakan proyektor kembali seperti sedia kala.

Simak juga: Cara Membuka Proteksi File PDF

2. Menggunakan Perangkat Yang Memiliki IR

Mungkin Anda perlu tahu bahwa remote kontrol proyektor menggunakan perangkat yang terhubung melalui inframerah atau disingkat IR. Dngan begitu, solusi berikutnya adalah kita menggunakan perangkat yang memiliki IR dan menyambungkannya pada proyektor.

Perangkat tersebut bisa seperti smartphone yang memiliki fitur IR Remote. Dengan begitu, kita hanya perlu menghubungkannya dengan sebuah aplikasi. Untuk cara sederhananya  bisa dilihat di bawah ini.

  • Jika sudah memiliki smartphone yang memiliki fitur IR remote, silakan download aplikasi remote di Play Store.
  • Setelah download dan instal, bukalah aplikasi tersebut.
  • Pastikan aplikasi remote tersebut memiliki penghubung dengan tipe proyektor.
  • Selanjutnya Anda tinggal cari merk proyektor pada aplikasi yang sesuai.
  • Jika ada, silakan Anda pilih dan coba sampai proyektor tersambung dengan IR smartphone.
  • Jika tersambung, Anda tinggal ubah bagian securitynya menjadi Off.
  • Selanjutnya lakukan restart kembali dan proyektor bisa kembali digunakan.

Jika Anda tidak memiliki smartphone dengan fitur IR blaster, sebetulnya jangan berkecil hati. Sebab di toko-toko online menjual gadget yang berfungsi sebagai Infrared. Caranya pun lebih kurang sama seperti di bawah ini.

  • Silakan beli gadget yang memiliki fungsi sebagai infamerah atau IR. Biasanya dari sisi harga tidak terlalu tinggi.
  • Setelah barangnya sudah dapat silakan Anda hubungkan pada smartphone.
  • Kemudian, cobalah apa infra merah berfungsi dengan baik atau tidak. Biasanya ditandai dengan perangkat yang menyala setelah dihubungkan.
  • Jika sudah, Anda instal aplikasi remote seperti pada poin sebelumnya.
  • Lalu cobalah hubungkan dengan proyektor.
  • Jika berhasil, maka Anda tinggal mematikan security pada proyektor agar tidak terkunci.
  • Selanjutnya Anda bisa menggunakannya seperti biasa.

Cara yang satu ini memang membutuhkan perangkat khusus yang mendukung Proyektor. Terkadang berhasil dan kadang juga gagal. Apabila cara sebelumnya, silakan coba poin berikutnya.

Baca juga: Cara Membuat QR Code

3. Membeli Remote Proyektor Yang Sesuai

Poin ini sebenarnya tidak berbeda dengan sebelumnya. Hanya saja yang kita lakukan adalah membeli remote yang sesuai dengan merk dan seri proyektor tersebut. Tentunya untuk mendukung hal ini, Anda harus paham apa nama proyektor hingga serinya.

Jika sudah maka hal selanjutnya cukup mudah, yakni membeli remote di toko online. pastikan nama dan serinya sudah tepat karena Anda bisa rugi jika gagal terhubung. Saat barangnya sudah datang, maka coba jalankan seperti biasa. Jika berhasil, maka Anda mudah untuk membuka proyektor yang terkunci.

4. Membongkar IR pada Proyektor

Cara berikutnya bisa dikatakan cukup membutuhkan ahli teknis. Sebab kita harus mmembongkar IR atau infamerah pada proyektor. Berbeda dengan poin sebelumnya yang kita ganti adalah remotenya.

Namun maksud dari membongkar IR ini memiliki tujuan untuk melakukan reset jika pada poin pertama tidak memiliki tombol reset. Caranya sendiri cukup mudah tetapi harus hati-hati.

Pertama Anda harus membuka baut pada body proyektor. Setelah itu, silakan buka secara perhalan-lahan. Jika sudah, langkah berikutnya adalah melepas IR di dalam proyektor.

Perlu diperhatikan jika setiap IR di dalam proyektor memiliki jenis berbeda-beda. Ada IR yang di tempel sehingga bisa dilepas dengan mudah, dan ada juga yang dipasang permanen. Jika Anda menemukan IR proyektor yang dipasang secara permanen, jangan paksa dicabut.

Setelah Anda melepas IR tadi, selanjutnya adalah memasukannya lagi pada proyektor. Pasang kembali baut seperti sebelumnya, dan cobalah hidupkan proyektor. Apabila proyektor sudah tidak terkunci lagi, maka metode ini berhasil.

Namun perlu diperhatikan jika tidak semua proyektor dapat menggunakan metode ini. Oleh sebab itu, cara ini bisa dianggap sebagai alternatif jika semua poin sebelumnya gagal.

Simak juga: Mengapa Mouse Wireless Tidak Berfungsi?

Itulah beberapa cara membuka proyektor yang terkunci dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat.