Cara Screenshot di Komputer Atau Laptop Dengan Keyboard

Aktivitas menangkap layar merupakan hal yang sangat umum dilakukan banyak orang. Kegiatan ini bahkan sering sekali malah hampir setiap hari dilakukan. Kegunaannya juga pasti yaitu menangkap apa saja yang dirasa penting dan menyimpannya.

Pada komputer, sering kali cara untuk menangkap layar sulit untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan biasanya, cara untuk menangkap layar di setiap computer berbeda dengan computer lainnya.

Ada yang sangat mudah, ada pula yang sulit.

Cara Screenshot Di Komputer Menggunakan Keyboard

1. Menggunakan Tombol PrtScr Pada Keyboard

Dengan menggunakan metode yang satu ini semua bagian layar akan tertangkap hanya dalam satu kali pencet. Caranya adalah tekanlah tombol PrtScr yang ada di sebelah sisi kanan bagian atas keyboard. Nanti, hasil screenshot tersebut akan otomatis tersimpan di clipboard dan kamu hanyalah perlu melakukan paste.

Untuk melihat hasil screenshotnya, bukalah aplikasi Paint yang ada di komputermu dan salinlah dengan menggunakan tombol paste untuk screenshot yang baru saja kamu ambil. Caranya adalah dengan menekan tombol Ctrl+V. Setelah hasil muncul di layar komputer, kamu hanya tinggal menyimpan gambar tersebut dengan melakukan klik pada gambar disket di sebelah sisi kiri bagian atas.

2. Menggunakan Tombol Alt + PrtScr

Cara yang satu ini bisa kamu gunakan untuk mengambil sebuah hasil screenshot yang hanya didapat dari jendela yang sedang aktif saja. Caranya adalah dengan menekan tombol Alt dan PrtScr secara bersamaan.

Setelah itu, ulangi cara untuk menyalin gambar dari clipboard di Microsoft Paint seperti yang sudah dijelaskan di atas. Perlu kamu ingat, di beberapa komputer mungkin kamu harus memencet beberapa tombol secara bersamaan yaitu, Alt + Fn + PrtScr.

3. Menggunakan Tombol Windows + PrtScr

Cara yang satu ini merupakan cara yang paling efisien dan juga cepat untuk mengambil sebuah screenshot di komputermu. Kaamu tidak perlu lagi repot-repot untuk menyalin hasil gambarnya di Microsoft Paint. Namun, perlu kamu ingat bahwa metode ini hanya dapat digunakan di Windows 10.

Caranya adalah dengan menekan tombol logo Windows yang ada di antara tombol Alt dan Ctrl, serta tombol PrtScr secara bersamaan sehingga layar kamu akan berkedip. Lalu, untuk melihat hasil screenshot tadi, kamu bisa pergi ke direktori C:Users[nama user]PicturesScreenshots. Sangat mudah, bukan?

3. Menggunakan Tombol Windows + Shift + S

Tekanlah kombinasi tombol Windows + Shift + S pada layar komputer kamu, kemudian akan berubah menjadi abu-abu dan kursormu akan berubah bentuk menjadi ikon plus. Kamu bisa memilih area-area spesifik di layar komputer yang ingin kamu ambil screenshot-nya menggunakan cara klik dan drag. Screenshotlah mulai dari area yang mau dipilih dan akan disalin ke clipboard.

Untuk mengetahui bagaimana hasilnya, kamu bisa menyalin gambar tersebut ke dalam aplikasi Microsoft Paint seperti metode pertama dan kedua yang sudah dijelaskan di atas.

4. Menggunakan Snipping Tool

Snipping juga merupakan bagian dari Windows, aplikasi Spinning Tool ini pertama kali diperkenalkan pada Windows Vista. Aplikasi ini juga bisa mengambil sebuah screenshot dengan menggunakan format yang lebih fleksibel seperti area-area berbentuk bebas, contohnya persegi panjang, jendela aktif yang saja, atau juga layar penuh.

Cara untuk menggunakannya adalah kamu cukup membuka aplikasi Snipping Tool. Setelah jendelanya muncul, lalu pilih opsi New atau jika kamu ingin memilih bentuk yang lebih spesifik, klik tanda panah yang berada di sisi kirinya.

Setelah selesai, pilihlah area layar yang ingin kamu ambil screenshot-nya. Setelah itu, preview screenshot tadi akan ditampilkan dan kamu bisa menyimpan screenshotnya yang telah diambil dengan memakai klik ikon disket di sisi kiri atas.

5. Menggunakan Game Bar

Windows 10 sendiri sudah memiliki fitur Game Bar yang dapat memungkinkan penggunanya untuk merekam beberapa cuplikan dari sebuah game dan mengambil screenshot-nya dari game Windows. Sebelum menggunakan tools Game Bar ini, kamu harus membuka aplikasi Xbox yang juga merupakan fitur bawaan dari Windows 10.

Caranya adalah, buka pengaturan di aplikasi Game Bar tersebut, lalu cari opsi Game DVR. Kemudian klik toggle dengan “Take screenshots using Game DVR”. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kombinasi default tombol yaitu tombol Windows + G, atau juga kamu dapat memasukkan kombinasi tombol pilihanmu sendiri untuk membuka tools Game Bar.

Ketika kamu ingin mengambil sebuah screenshot, tekanlah tombol Windows + G atau tombol pilihanmu sendiri, lalu klik kotak “Yes, this is a game” apabila terlihat. Kemudian kliklah ikon berbentuk kamera yang ada disana atau tekanlah kombinasi tombol Windows + Alt + PrtScr untuk mengambil sebuah screenshot. Hasil dari screenshot tersebut bisa kamu ilihat di C:Users[nama user]VideosCaptures.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan screenshot di komputer melalui keyboard. Jika salah satu tidak bisa, maka yang lain pasti bisa. Selamat mencoba!