Cara Agar Team Viewer Tidak Terputus Setelah 5 Menit

Team Viewer merupakan sebuah aplikasi remot untuk dapat menghubungkan komputer satu dengan komputer lain melalui jaringan internet. Hal ini tentunya sangat memudahkan kita jika ingin membantu seseorang yang berhubungan dengan komputer tanpa harus pergi ketempatnya.

Akan tetapi, Team Viewer ini memiliki kelemahan dari sisi waktunya yang hanya 5 menit saja. Setelah itu koneksi akan terputus secara otomatis. Jika Anda ingin kembali terhubung, maka harus menunggu selama 2 menit. Tentunya hal ini sangat mengganggu, apalagi jika kita dikejar waktu untuk bisa memasang aplikasi pada klien.

Namun, kini hal tersebut tidak perlu bingung lagi karena kita pelajari cara mengatasinya. Yuk simak penjelasannya di sini.

Agar Team Viewer Tidak Terputus Setelah 5 Menit

1. Uninstal Team Viewer

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah uninstal kembali Team Viewer. Cara ini dilakukan untuk mengembalikan lagi pengaturan Team Viewer seperti semula. Oleh sebab itu, semua pengaturan sebelumnya harus dihapus dengan cara Uninstal.

Masuk ke bagian regedit.

Bagian selanjutnya Anda masuk ke bagian Regedit. Caranya adalah buka aplikasi RUN lalu ketik regedit dan pilih OK. Untuk cara cepat ke aplikasi RUN, klik Start-> All Programs -> Accessories-> Run.

2. Cari folder Team Viewer

Setelah masuk ke halaman regedit, Anda akan melihat halaman yang dipenuhi banyak folder. Di sini Anda harus menemukan folder Team Viewer yang sudah diuninstal sebelumnya. tujuannya adalah untuk menghapus semua data Team Viewer.

Jika Anda kesulitan mencari foldernya secara manual, silakan gunakan cara cepat dengan klik menu Edit dan pilih Find. Setelah itu, masukan kata kunci “teamviewer” dan klik Find Next. Ketika sudah menemukan foldernya, silakan delete saja filenya.

Untuk memastikan semua file Team Viewer terhapus semuanya, Anda tekan F3 pada keyboard dan ketik lagi “teamviewer”. Pastikan semua file Team Viewer terhapus semuanya.

3. Ubah MAC Address komputer

Jika Anda sudah melaksanakan poin ketiga, maka langkah berikutnya adalah mengubah MAC Address pada komputer. Hal ini merupakan bagian penting untuk Team Vewer bsa digunakan secara penuh dan tanpa batas waktu.

Caranya adalah masuk ke Control Panel-> Network and internet-> Network Connection-> Local Area Connection.  Saat Anda menemukan Local Area Connection, klik kanan dan pilih Properties.

Selanjutnya adalah klik tombol Configure dan pilih Tab Advance. Selanjutnya adalah memilih Network Address dan Anda tinggal mengisi Value-nya. Silakan Anda isi dengan angka “00241D65B151” agar bisa mengubah waktu pada Team Viewer. Jika sudah, silakan klik OK.

Jika Anda merasa kesulitan dengan angka yang ditulis tadi, Anda bisa mencoba Software yang bernama Technitum Mac Address. Software ini sangat beguna untuk mengubah Mac Address sesuai dengan kebutuhan.

Silakan Anda cari softwarenya di internet dan instal pada komputer. Setelah diinstal, buka softwarenya seperti biasa. Nanti di dalam software Technitum Mac Address, Anda klik saja tombol Change Now. Anda juga bisa mengubah alamat Mac Address sesuai dengan kebutuhan.

4. Instal Ulang Team Viewer

Setelah semuanya sudah sesuai petunjuk, berikutnya adalah restar komputer atau laptop. jika sudah, Anda baru instal ulang software Team Viewer. Selanjutnya adalah coba lakukan pengecekan dengan remot pada komputer klien sehingga ketahuan apakah waktunya masih ada atau tidak.

Penyebab Team Viewer Hanya Bisa Digunakan 5 Menit

Mungkin Anda juga bertanya-tanya mengapa software seperti Team Viewer mengalami hal tersebut. Padahal software ini terbilang gratis untuk semua pengguna. Mungkin Anda juga harus memahami bahwa Team Viewer in i memiliki beragam aturan.

Salah satu aturannya adalah Commercial Suspected atau pemakaian secara komersil. Software Team Viewer sendiri pada dasarnya memiliki banyak versi dari yang berbayar hingga gratis. Jika Anda menginstal software ini secara sembarangan, maka ada konsekuensinya dan salah satunya adalah pembatasan penggunaan.

Pada dasarnya Anda masih bisa menggunakan Team Viewer tanpa harus melalui cara-cara di atas. Cara tersebut adalah membeli software secara penuh. Artinya Anda harus membeli atau menyewa software Team Viewer ini.

Bisa dikatakan cara ini cukup rumit karena mata uang yang digunakan adalah Dollar Amerika. Ditambah lagi software yang diberikan lebih condong pada sewa dan bukan beli. Dengan begitu Anda tetap harus membayar sewanya setiap bulan.

Oleh sebab itu, cara-cara di atas semoga bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda. Jangan lupa juga bahwa Team Viewer memiliki software versi Android. Hal ini tentunya cukup memudahkan Anda jika ingin mencoba aplikasi Team Viewer melalui perangkat Android.

Dari sisi penggunaannya tidak jauh berbeda dengan versi PC atau laptop. Hanya saja Anda harus menggunakan Android sebagai perangkat dasar untuk melakukan remote pada kompouter Klien. Anda bisa download aplikasinya pada Play Store. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.